Sabtu, 21 Maret 2015

TERMODINAMIKA Energi dan Hukum Pertama - Sistem dan Modus Energi

SISTEM

Sistem adalah sesuatu yang didefinisikan oleh analisawan mengenai masalah yang dihadapinya.  
Misalnya : Gas dalam sebuah tabung adalah sebuah sistem yang sederhana. 
Penyederhanaan  analisa  dapat  diperoleh  apabila  sistem  yang  sedang  dikaji dikurung dengan garis putus-putus. 
Sistem tertutup : tidak ada massa yang masuk dan keluar. 
Sistem terbuka : terjadi aliran massa masuk dan keluar sistem

Sesudah mendefinisikan sistem dengan ermat,maka semua yang tidak termasuk sistem menjadi lingkungannya. Pokok perhatian utama termodinamika adalah interaksi antara sistem dengan lingkungannya.  

MODUS ENERGI MIKROSKOPIK 

Energi  kinetik  dari  atom-atom  dapat  dinyatakan  sebagai  mV2/2.  Nilainya dapat  dihitung  tanpa  harus  mengetahui  cara  atom-atom  itu  memperolah kecepatannya.  Energi  merupakan  sesuatu  yang  dimiliki  oleh  atom-atom tersebut, yaitu merupakan sifat (property) atom-atom tersebut. Dalam  termodinamika  dilakukan  generalisasi  konsep  energi  :  semua  zat, semua sistem, mempunyai energi, dan energi memainkan peran yang penting dalam menjelaskan berbagai interaksi di antara sistem-sistem tersebut.




TINJAUAN ENERGI SECARA MAKROSKOPIK 

Tinjau suatu massa atur yang terdiri dari milyaran molekul/atom. Energi dari sistem  ini  adalah  penjumlahan  dari  energi  vibrasi,  rotasi,  translasi,  dan sebagainya dari masing-masing molekul/atom. Pendekatan ini tidak praktis dan memerlukan upaya yang besar.Pendekatan yang sederhana dan praktis adalah dengan menentukan besarnya energi  total  yang  dimiliki  semua  molekul  dengan  memperhitungkan  semua modus  energi  mikroskopik.  Energi  total  ini  disebut  sebagai  ENERGI  DALAM (U) dari sistem. Energi  dalam  dari  suatu  sistem  bergantung  kepada  sifat  material  dalam sistem, seperti komposisi dan bentuk fisiknya, juga lingkungan  (temperatur, tekanan, medan listrik, medan magnet, dst.) Penentuan  U  sebagai  fungsi  kondisi  atau  tingkat  keadaan  suatu  sistem merupakan salah satu persoalan pokok termodinamika. Tinjau  suatu  zat  dengan  massa,  berat,  kecepatan,  dan  ketinggian  tertentu. Energi zat tersebut dapat dinyatakan sebagai :  

E = EK + EP + U

EK  :  mV2/2;  energi  kinetik  (makroskopik),  tidak  termasuk  energi  kinetik atom-atom
EP : mgH; energi potensial (makroskopik) 
U : energi dalam yang memperhitungkan gerakan atom-atom dalam sistem  

Energi   dalam,   U,   adalah   energi   yang   tersembunyi   dari   pengamatan makrosopik.  EK  dan  EP adalah  energi  yang  terorganisir,  sedangkan  U merupakan energi yang tidak terorganisir (acak). Energi   yang   terorganisir   lebih   berdaya   guna   dari   energi   yang   tidak terorganisir.   

Salah  satu  tugas  utama  insinyur  adalah  mencari  berbagai  cara  yang  baik untuk  mengkonversikan  energi  yang  tidak  terorganisir  itu  menjadi  gerak molekul/atom yang terorganisir, yang berdayaguna makroskopik.  

Referensi: Ardy, Husaini. Diktat Kuliah Termodinamika. ITB. 2012

Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Material-is-me Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger